Cara konfigurasi https untuk phpmyadmin pada web server apache di Ubuntu Server


Bagi anda yang sering berkutat pada web programming, pastilah sudah tidak asing lagi dengan PHPMyAdmin. Yup, PHPMyAdmin adalah aplikasi yang berfungsi sebagai antarmuka untuk mengelola database berbasis MySQL. Aplikasi ini berbasis web dan umumnya berjalan di atas web server seperti Apache, lighttpd dan lain-lain. Karena berbasis web, maka setiap pengguna dapat mengakses aplikasi tersebut melalui browser baik secara lokal atau lewat jaringan komputer. Walaupun sudah dibekali pengamanan sistem dengan metode otentikasi user, akan tetapi jalur komunikasi antara user dengan aplikasi PHPmyAdmin belumlah aman karena dapat di "dengar"kan apabila komunikasi yang dilewatkan berpa clear text. Untuk mencegah hal tersebut maka kita perlu menambahkan komunikasi terenkripsi dengan mengaktifkan HTTPS untuk aplikasi PHPMyAdmin tersebut. Untuk membuat jalur komunikasi https pada web server apache, anda dapat membaca dua artikel saya sebelumnya:
Jika koneksi https anda sudah aktif, maka sekarang tinggal konfigurasi untuk mengaktifkan https di phpmyadmin. Pada Ubuntu Server, lokasi file-file phpmyadmin yang kita akses melalui browser terletak di /usr/share/phpmyadmin/ . Kemudian silakan buatlah satu file dengan nama .htaccess melalui perintah:

 sudo vim /usr/share/phpmyadmin/.htaccess

setelah itu isikan konfigurasi di bawah ini di dalam file .htaccess tersebut:

 RewriteEngine On
 RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
 RewriteCond %{REQUEST_URI} phpmyadmin
 RewriteRule ^(.*)$ https://alamat_domain_atau_alamat_ip/phpmyadmin/$1 [R,L]


simpan, lalu aktifkan modul rewrite pada web server apache dengan perintah:

 sudo a2enmod rewrite

kemudian silakan buka file konfigurasi phpmyadmin pada web server apache yang terletak di /etc/phpmyadmin/apache.conf dengan perintah:

 sudo vim /etc/phpmyadmin/apache.conf

kemudian tambahkan baris konfigurasi di bawah ini:

 AllowOverride all

sehingga terlihat seperti pada gambar di bawah:


silakan simpan, kemudian restart layanan web server apache anda dengan perintah:

 sudo service apache2 restart

setelah itu, silakan coba akses phpmyadmin anda melalui browser, maka secara otomatis, browser anda akan mengakses halaman phpmyadmin tersebut melalui komunikasi https, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:




anda perhatikan bagian address bar, maka terlihat disitu tanda gembok, yang menunjukkan bahwa koneksi yang anda bangun, antara klien dengan aplikasi PHPMyAdmin telah terenkripsi. Mudah bukan? Silakan mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Cara konfigurasi https untuk phpmyadmin pada web server apache di Ubuntu Server Cara konfigurasi https untuk phpmyadmin pada web server apache di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on March 24, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.