Cara melihat kapasitas sistem atau total file size di dalam folder lewat terminal di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux

Ketika pertama kali saya menggunakan Ubuntu server yang tidak memiliki antar muka grafis, saya sering bertanya-tanya. Bagaimana caranya melihat kapasitas harddisk lewat terminal, takutnya suatu saat harddisk penuh dan system terjadi crash. Ternyata caranya sangat mudah, anda tinggal menjalankan perintah "df" mungkin kepanjangan dari disk free. Jika dijalankan lewat terminal akan terlihat hasilnya seperti berikut:

dari gambar disitu terlihat jelas bahwa saya memiliki 2 partisi, satu /dev/sda1 dan satunya /dev/md0 dimana:

/dev/sda1 berukuran 913GB terpakai 27GB dan tersisa 840GB
/dev/md0 berukuran 1,8TB terpakai 3.9GB dan tersisa 1.7TB

lalu bagaimana jika kita ingin melihat ukuran suatu file atau folder? karena seingat saya ketika menggunakan perintah "ls -lh", maka total ukuran kapasitas file didalam folder tersebut tidak terlihat, yang dibaca hanya kapasitas folder tersebut seperti yang tertampil pada gambar di bawah, sebagai contoh saya ingin melihat folder wp berserta isinya menggunakan kapasitas harddisk berapa mega? Beikut hasilnya jika menggunakan perintah ls -lh:


Dari gambar di atas tersebut, terlihat bahwa saya ingin mengetahui ukuran folder wp menggunakan kapasitas harddisk berapa mega, dengan perintah "ls -lh", hasilnya hanyalah fle-file di luar folder yang terlihat besarannya. Sedangkan untuk folder beserta isinya yang dibaca hanyalah ukuran folder tersebut sebesar 4k, total kapasitas yang digunakan beserta isinya tidak terlihat.

Maka caranya dengan menjalankan perintah "du -ch [nama_folder] |grep total" dengan hasil seperti berikut:

dari gambar di atas, terlihat bahwa folder wp/ tersebut menggunakan kapasitas 28MB. Mudah bukan? Terima kasih telah berkunjung dan selamat mencoba :-)
Cara melihat kapasitas sistem atau total file size di dalam folder lewat terminal di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux Cara melihat kapasitas sistem atau total file size di dalam folder lewat terminal di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux Reviewed by Himawan Mahardianto on December 06, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.