Troubleshooting jaringan komputer peer to peer ( 2 komputer )

Di tulisan kali ini, saya akan membahas langkah-langkah yang harus di tempuh untuk melakukan troubleshooting atau pengecekan kesalahan di dua komputer yang terhubung menggunakan kabel UTP.

Seperti yang terlihat pada gambar di samping ini, saya ilustrasikan anda memiliki 2 komputer yang terhubung satu sama lain dengan kabel UTP. Akan tetapi ketika anda melakukan test ping, maka yang terjadi adalah destination unreachable (paket tidak sampai). Jika sudah terkoneksi/terhubung maka hasil ping akan mendapatkan reply dari komputer tujuan. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk menganalisa kerusakan/kesalahan:


  1. Pastikan kabel yang digunakan tidak lebih dari 100 meter dari komputer 1 dengan yang lain, karena kambel UTP memiliki jangkauan maksimal sepanjang 100 meter untuk dapat menghantarkan sinyal tanpa repeater (switch) dengan baik.
  2. Pastikan kabel yang anda buat telah sesuai dengan standart TIA/EIA di tiap ujungnya, jika anda belum mengetahui susunan kabelnya, anda bisa membaca tulisan saya sebelumnya.
  3. Cek koneksi kedua ujung kabel tersebut dengan LAN tester, apabila setiap ujung kabel sudah terhubung, maka ke 8 lampu di LAN tester tersebut akan menyala semuanya berurutan sesuai dengan urutan kabel di tiap2 ujung.
  4. Pastikan ke dua kartu jaringan di masing-masing komputer yang digunakan sudah terinstall driver nya. Jika anda menggunakan sistemoperasi Linux, anda tidak perlu melakukan instalasi driver karena kebanyakan sistem operasi Linux sudah mengenali sebagian besar kartu jaringan yang ada di pasaran.
  5. Pastikan kedua komputer sudah di konfigurasi dengan alamat IP dengan alamat network yang sama, mungkin tulisan saya sebelumnya dapat membantu anda untuk mengetahui apakah alamat IP yang anda pilih sudah benar (satu network).
  6. Pastikan firewall/antivirus anda tidak melakukan blok paket ICMP, atau anda bisa mematikan sementara aplikasi firewall/antivirus di kedua komputer anda sementara karena saya memiliki pengalaman dengan antivirus dan firewall yang melakukan blocking paket ICMP yang masuk ke dalam komputer.
  7. Jika langkah-langkah di atas yang anda tempuh masih belum menunjukkan hasilnya, coba anda hubungkan di komputer yang lain, misalnya laptop sehingga terlihat seperti gambar di bawah:
 
dan seperti gambar di bawah:


langkah-langkah tersebut digunakan untuk mengecek bahwa kartu jaringan yang anda gunakan sudah rusak atau masih normal, sebelum anda membeli kartu jaringan yang baru.

Jika masih saja belum terhubung, anda bisa kontak ke teman anda atau administrator jaringan untuk membantu anda :P

Semoga membantu menyelesaikan masalah anda.

Beberapa artikel terkait:







Troubleshooting jaringan komputer peer to peer ( 2 komputer ) Troubleshooting jaringan komputer peer to peer ( 2 komputer ) Reviewed by Himawan Mahardianto on December 31, 2013 Rating: 5

3 comments:

Anonymous said...

izin copas yah :) buat contoh troubleshooting komputer di modul pelatihan saya.

Anonymous said...

izin copas yah :) buat contoh troubleshooting komputer di modul pelatihan saya.

Himawan Mahardianto said...

silahkan, selama mencantumkan sumbernya

Powered by Blogger.