Mengakses file di Linux dari Windows dengan mudah

Pernahkah anda memiliki kebutuhan untuk mengakses file-file di Komputer yang menggunakan sistem operasi Linux dari klien Windows melalui jaringan? atau anda ingin mengakses partisi Linux anda(Dual Boot Windows dan Linux) ketika anda sedang menggunakan sistem operasi Windows? 

Ada berbagai cara yang dapat dijadikan solusi. Menurut saya jika file-file yang ingin anda akses berada di partisi Linux (Ext*) yang menggunakan filesystem Ext* di komputer yang sama saat anda sedang mengakses sistem windows, anda dapat menggunakan aplikasi bernama Ext2explore. Anda bisa mendownload aplikasi Ext2explore ini secara free melalui link ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa mengakses file-file yang anda simpan di partisi Linux (Ext*) tanpa harus restart untuk masuk dulu ke Linux lalu  memindahkan file-file tersebut dari partisi Linux ke partisi Windows kemudian anda restart lagi untuk masuk ke Windows, sungguh sangat merepotkan. Perlu anda ketahui, bahwa aplikasi ini berbasis exe, sehingga dapat dijalankan dari sistem operasi Windows tanpa instalasi (bersifat portable). Berikut tampilan aplikasi Ext2explore yang saya jalankan dari sistem Windows XP.



Lalu bagaimana ketika ingin mengakses file-file di Linux dari klien Windows? anda bisa menggunakan aplikasi WinSCP yang bisa anda download melalui link ini. Tenang saja, aplikasi ini free kok :P , dengan aplikasi ini komputer linux anda hanya perlu menyediakan layanan SSH saja. Tidak perlu konfigurasi atau install aplikasi SAMBA server, FTP atau aplikasi file sharing lainnya yang lebih ribet, karena aplikasi ini mendukung penggunaan port SSH sebagai pintu keluar masuk untuk melakukan upload dan download dari komputer Linux anda. Berikut tampilan aplikasi WinSCP yang saya jalankan dari komputer yang menggunakan Windows XP.
Gambar dibawah ambil dari screenshoot di Windows XP ketika akan mengakses menggunakan WinSCP:



Sedangkan gambar berikutnya ketika anda sudah masuk dan melakukan suatu kegiatan Download dan Upload:



Ada 3 protokol aplikasi yang di dukung di WinSCP ini, antara lain protokol SCP, FTP dan SFTP.

Sebagai catatan: ketika anda menggunakan WinSCP, anda harus memiliki user account di komputer Linux yang akan anda tuju, jika anda tidak memilikinya, maka anda juga tidak akan bisa masuk ke dalam komputer Linux itu untuk melakukan proses download dan upload.

Menarik bukan? Semoga menambah informasi anda, dan terima kasih sudah berkunjung :)

Beberapa artikel terkait:
Mengakses file di Linux dari Windows dengan mudah Mengakses file di Linux dari Windows dengan mudah Reviewed by Himawan Mahardianto on November 20, 2013 Rating: 5

4 comments:

Purwoko said...

mantap

Purwoko said...

mantap

Anonymous said...

Matur tengkyu Gan,,,
Sangat membantu

edwinhunter said...

matursuwon kang

Powered by Blogger.