Bagaimana membuat permanen konfigurasi router sederhana di Ubuntu Desktop / Ubuntu Server

Jika pada tulisan sebelumnya, saya melakukan konfigurasi untuk membangun router secara temporer, maka pada tulisan kali ini, saya akan bahas bagaimana membuat konfigurasi tersebut menjadi permanen. Maksud kata permanen disini adalah konfigurasi tersebut tidak akan hilang ketika di restart, sehingga anda tidak perlu mengulang kembali konfigurasi tersebut setiap kali hilang setelah di restart. Jika ada yang belum memahami tentang alamat IP dan netmask, anda bisa membaca tulisan saya sebelumnya yang berjudul "Pengetahuan tentang alamat IP di dalam jaringan komputer" dan "Fungsi netmask pada alamat IP". 

Untuk membangun sebuah router dengan Ubuntu Linux, anda tidak perlu menggunakan Ubuntu versi server, karena Ubuntu versi desktop juga bisa anda jadikan sebagai router, selama memiliki sedikitnya 2 buah kartu jaringan. Untuk melakukan konfigurasi alamat IP di kartu jaringan, anda bisa membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul "Cara konfigurasi alamat IP di Ubuntu".Untuk contoh kasus jaringannya saya ilustrasikan pada gambar di bawah:



Jadi mari kita mulai saja dari awal:

1. Saya asumsikan komputer router ubuntu anda telah di restart, sehingga konfigurasi temporer yang anda lakukan kembali hilang.

2. Silakan buka terminal dan buka file di /etc/sysctl.conf dengan perintah di bawah:

 sudo vim /etc/sysctl.conf

kemudian cari bagian:

 #net.ipv4.ip_forward=1

silakan hilangkan tanda pagar (#) nya sehingga menjadi

 net.ipv4.ip_forward=1

dan simpan hasil perubahannya. Jika anda kesulitan dalam menggunakan editor vim, anda bisa membaca tulisan saya sebelumnya yang berjudul "Teknik dasar menggunakan aplikasi editor vim".

3. Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah membuka file di /etc/rc.local dengan perintah di bawah:

 sudo vim /etc/rc.local

kemudian tambahkan konfigurasi di bawah:

 /sbin/iptables -t nat -A POSTROUTING -j MASQUERADE

di atas tulisan "exit 0", simpan dan keluar dari aplikasi editor vim.

4. Silakan restart komputer Ubuntu anda, maka komputer untuk selanjutnya konfigurasi komputer anda sebagai router telah aktif secara permanen.

5. Jika anda tidak ingin melakukan restart dalam mengaktifkan fungsi router tersebut, anda bisa jalankan konfigurasi temporer seperti yang saya lakukan pada tulisan sebelumnya, tepat setelah anda melakukan konfigurasi permanen ini.

Mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga membantu :)

Beberapa artikel terkait:
Bagaimana membuat permanen konfigurasi router sederhana di Ubuntu Desktop / Ubuntu Server Bagaimana membuat permanen konfigurasi router sederhana di Ubuntu Desktop / Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on November 21, 2013 Rating: 5

2 comments:

Anonymous said...

mau tanya, kalo router ubuntu tsb ingin dijasikan gateway gmna caranya,

Himawan Mahardianto said...

gateway seperti apa yang anda maksud? sedikit kurang jelas maksud anda, apakah gateway dari jaringan intranet ke internet? atau dari jaringan internet ke intranet? atau seperti apa yang ingin anda buat?

Powered by Blogger.