Mengaktifkan user root di Ubuntu Server/Desktop

Bagi yang biasanya berkutat di sistem operasi Linux, pasti tidak asing lagi dengan user root, tapi bagi yang sedang memulai berkenalan atau mencoba sistem operasi dari keluarga "penguin" itu, pasti akan bertanya-tanya, apa sih user root itu? User root adalah user yang memiliki hak akses tertinggi di sistem operasi Linux.Dengan user root tersebut, kita bisa melakukan kustomisasi dan konfigurasi apapun di sistem tersebut. 
Istilah "rooting" di android pun sebenarnya memiliki maksud yang hampir sama dengan artikel yang sedang anda baca ini. Kenapa bisa disebut hampir sama begitu? karena sistem operasi android sebenarnya adalah turunan Unix yang satu keluarga dengan Linux. Begitu juga dengan iOS nya milik Apple Inc yang juga memiliki user root karena masih sepupu. Rooting di android dimaksudkan untuk mengaktifkan user root di sistem operasi Android sehingga sebagai pemilik android, kita bisa mengkostumisasi sistem operasi tersebut melebih batasan akses dari user default biasa.

Batasan-batasan akses seperti apa yang dimaksud di sistem operasi Linux? Contohnya dengan user biasa kita tidak bisa melakukan manajemen aplikasi (install dan uninstall) serta tidak bisa melakukan manajemen user(menambah atau menghapus) di dalam sistem dan banyak hal lainnya. Kalaupun ada yang bisa melakukannya dengan user biasa, biasanya itu menggunakan tool tambahan seperti perintah sudo atau aplikasi gksudo (nanti akan kita bahas di tulisan berikutnya). 
Secara default user root belum aktif. Lalu bagaimana kita tahu bahwa user root tersebut belum aktif di sistem operasi linux kita? saya asumsikan, anda sedang berada di komputer yang anda install sistem operasi Ubuntu anda sendiri, kemudian silakan saja anda jalankan perintah "su[enter]" di terminal/console. Setelah perintah tersebut di jalankan anda akan diminta memasukkan password user root anda. Apakah anda tahu user root anda? kalo saja tahu, berarti anda sudah mengaktifkan user root di sistem anda, jika tidak tahu? maka akan yang terjadi akan sama seperti pada gambar di bawah:


Lalu bagaimana cara mengaktifkannya? Berikut langkah-langkahnya:
1. Anda hanya perlu menjalankan perintah "sudo passwd root[enter]" (tanpa tanda petik).

2. Kemudian anda akan diminta memasukkan password user anda.

3. Jika Otentikasi berhasil, maka anda akan diminta memasukkan password root yang baru dua kali untuk otentikasi.

4. Jika berhasil maka akan ada info bahwa password updated successfully seperti yang tertampil pada gambar di bawah:




5. Lalu bagaimana mencoba bahwa user root sudah aktif atau belum? coba anda jalankan perintah "su[enter]" di terminal.

6. Masukkan password yang baru anda masukkan tadi untuk user root, dan voila?! anda sudah berganti user menjadi user root seperti yang tertampil pada gambar di bawah:


7. Hati-hati saat anda berada dalam mode user root, karena anda dapat memanipulasi seluruh konfigurasi di komputer anda, silakan anda melakukan backup konfigurasi sebelum melakukan perubahan dengan user root.

8. Untuk keluar dari mode root tersebut anda tinggal menjalankan perintah "exit[enter]" atau anda dapat menekan tombol CTRL+D.

Silakan mencoba :)
Mengaktifkan user root di Ubuntu Server/Desktop Mengaktifkan user root di Ubuntu Server/Desktop Reviewed by Himawan Mahardianto on October 13, 2013 Rating: 5

10 comments:

Calvin Christian Ronaldson said...

Berhasil!

Anonymous said...

mas ko pas saya masukin passwordnya ga muncul tulisannya (password yg saya ketik) itu gmana ?

Himawan Mahardianto said...

Memang kalau menggunakan terminal, linux tidak memunculkan karakter pengganti apapub ketika menulis password, hal ini untuk keamanan, sehingga tidak terlihat sama sekali berapa jumlah karakter yang dimasukkan, tapi tetap ada kok password yg anda masukkan

Unknown said...

Mas ini kenapa saya masukkan passwordnya salah terus, "sorry, try again" itu yang dimasukkan passwd root yang pertama kali kita install kan? tetep ndak bisa. Password saya 12 , mungkin apakah ada ketentuan dalam penulisan passwordnya? ini saya sampai install ketiga kalinya

erikpoer said...

mas mo tanya klo perintah bgini :
sudo psswd root
sudo: psswd: command not found

berulang kali tdk bisa, knp ya?

Himawan Mahardianto said...

sudo passwd root

Himawan Mahardianto said...

Perintahnya seperti apa yang dituliskan?

Taris Dendi Mahadika said...

Makasih master. :)

Ari Prasetyo said...

Mas, dimenu server ko gada menu Proxy ya?

Himawan Mahardianto said...

Menu proxy seperti apa yang dimaksud?

Powered by Blogger.