Menambahkan konfigurasi server DNS di Ubuntu Server/Desktop

Dari tulisan sebelumnya dengan judul "Konfigurasi alamat default gateway di Ubuntu Server/Desktop" telah dijelaskan bahwa ada tiga parameter yang harus ada untuk dapat melakukan koneksi ke internet. Maka pada tulisan kali ini saya akan membahas pada paramter ke tiga, yaitu bagaimana menambahkan konfigurasi penggunaan DNS(Domain Name Server) di sistem operasi Ubuntu (desktop/server) pada komputer anda.

Fungsi DNS ini untuk membantu komputer anda dalam melayani penerjemahan URL yang anda tulis di browser menjadi alamat IP tujuan, begitu juga sebaliknya. Mekanisme kinerja DNS ini dijelaskan dalam ilustrasi di bawah:


Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka terminal dan jalankan perintah:

 sudo vim /etc/resolv.conf

2. Kemudian masukkan konfigurasi di bawah:
 nameserver 8.8.8.8
 nameserver 8.8.7.7

kemudian simpan.

3. Nameserver yang anda masukkan boleh lebih dari satu buah rujukan, karena difungsikan sebagai secondary dns apabila anda salah satunya tidak berfungsi atau anda tidak mendapatkan resolusi dari URL yang anda request.

DNS dengan alamat IP 8.8.8.8 dan 8.8.7.7 adalah DNS terbuka milik Google yang bisa digunakan oleh siapa saja. Anda tidak harus menggunakan NS milik google, anda juga bisa ganti dengan alamat NS milik anda sendiri.

4. Buka lagi terminal anda, kemudian coba anda jalankan perintah:

 nslookup facebook.com

Apabila anda mendapati hasil NS query yang mirip dengan gambar di bawah:


maka, anda sudah berhasil menambahkan konfigurasi server DNS ke komputer Ubuntu anda. Hanya saja konfigurasi di atas, sifatya temporer, jika anda ingin mempermanenkan konfigurasi DNS server anda, silakan buka file /etc/network/interface, dengan perintah:

 sudo vim /etc/network/interfaces

lalu tambahkan konfigurasi:

 dns-nameservers 8.8.8.8
 dns-nameservers 8.8.7.7

pada salah satu eth yang anda gunakan, misalnya saja saya menggunakan eth0, maka konfigurasinya menjadi:

 auto eth0
 iface eth0 inet static
        address 192.168.200.254
        netmask 255.255.255.0
        network 192.168.200.0
        broadcast 192.168.200.255
        gateway 192.168.200.10
        dns-nameservers 8.8.8.8
        dns-nameservers 8.8.7.7

simpan lalu, coba silakan restart komputer atau service network anda menggunakan perintah:

 sudo service networking restart

kemudian coba ulangi lagi perintah nslookup di atas, jika hasilnya sama seperti sebelumnya, berarti anda telah berhasil membuat permanen konfigurasi DNS di komputer anda. Mudah bukan? Terima kasih telah berkunjung dan semoga membantu :)
Menambahkan konfigurasi server DNS di Ubuntu Server/Desktop Menambahkan konfigurasi server DNS di Ubuntu Server/Desktop Reviewed by Himawan Mahardianto on October 17, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.