Cara menghapus (Howto remove) Metadata Server di Ceph Cluster pada Ubuntu Server 18.04

Selama ini tutorial yang saya tulis adalah cara menambahkan service (monitor, manager dan metadata) ke dalam cluster. Untuk tutorial kali ini saya akan menuliskan cara untuk menghapus service yang ada di dalam cluster. Kenapa kita perlu menghapus service? Misalnya saja kita perlu menghapus node yang sudah usang di dalam ceph cluster karena telah digantikan dengan node yang lainnya yang lebih baru.

Untuk melakukannya anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini. Sebagai langkah pertama saya perlu menjalankan perintah:

kenapa saya harus menjalankan perintah ssh node-00 terlebih dahulu, ssh node-00 berarti saya masuk ek dalam node-00 secara ssh untuk menjalankan perintah "sudo ceph -s", tidak harus node-00 anda bisa masuk e node mana saja yang termasuk di dalam cluster. Perintah diatas tersebut digunakan untuk melihat status ceph cluster saat ini, dengan hasil seperti berikut:

Berdasarkan status ceph cluster tersebut, maka peta peran ceph cluster itu dapat saya gambarkan menjadi seperti berikut ini:

  • node-00: Monitor Active, Manager, OSD Active, MDS
  • node-01: Monitor, Manager, OSD Active, MDS
  • node-02: Monitor, Manager Active, OSD Active, MDS
  • node-03: Monitor, Manager, OSD Active, MDS Active

Skenarionya saya akan menghapus metadata server yang aktif di node-03 di dalam cluster. Untuk menghapus Metadata Server di node-03 saya menjalankan perintah:

perintah tersebut digunakan untuk mematikan service metadata server di dalam node-03, untuk mengeceknya saya kembali menjalankan perintah:

Hasilnya terlihat seperti berikut ini:


Dari hasil itu, kita bisa lihat bahwa tersisa 2 node yang standby dan peran node-03 sudah digantikan oleh node-01 sebagai metadata server di dalam ceph cluster, hal itu karena node-03 sudah tidak menjalankan metadata server di dalamnya.

Untuk menuntaskan penghapusan node-03 tersebut dari ceph cluster, saya hanya perlu menjalankan perintah:


cukup seperti itu saja cara menghapus metadata server yang aktif di dalam server. Berdasarkan penghapusan metadata server di node-03 tersebut secara tidak langsung juga membuktikan kemampuan failover metadata server di ceph cluster sehingga layanan tetap tersedia walaupun terjadi masalah pada metadata server yg ada.


Cara menghapus (Howto remove) Metadata Server di Ceph Cluster pada Ubuntu Server 18.04 Cara menghapus (Howto remove) Metadata Server di Ceph Cluster pada Ubuntu Server 18.04 Reviewed by Himawan Mahardianto on January 03, 2021 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.