Wordpress Maintenance: Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.


Seketika saya langsung deg-degan ketika menemui pengalaman seperti judul di atas. Website saya yang berbasis wordpress tidak bisa diakses dan hanya muncul gambar seperti di bawah ini:


Hal itu terjadi ketika saya mencoba mengupgrade salah satu plugin di dalam website dan gagal selama proses upgrade tersebut. Akibatnya saya tidak bisa mengakses website saya baik halaman depan ataupun dashboard (wp-admin) dengan keterangan error "Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.". Setelah menenangkan diri, saya mencoba browsing-browsing di internet, akhirnya ketemu solusinya.

Sewaktu masalah tersebut muncul, ternyata si wordpress membuat sebuah file bernama .maintenance di dalam root folder wordpress saya, berikut ini penampakannya:


Anda harus masuk melalui server/cpanel untuk mengakses file bernama .maintenance tersebut, setelah itu anda bisa melakukan rename atau bisa juga menghapusnya. Setelah itu silakan akses wordpress anda kembali dari web browser. hasilnya website anda telah kembali seperti sedia kala seperti ketika saya mencoba mengakses dashboard berikut dibawah ini:



Comments