Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Tuesday, September 13, 2016

Cara mengubah default alamat URL phpmyadmin di Ubuntu

Jika anda seorang programmer web, mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi PHPMyAdmin. Aplikasi PHPMyAdmin tersebut digunakan untuk antarmuka dalam mengelola database MySQL melalui web. Jika anda sudah menginstall phpmyadmin, maka aplikasi tersebut dapat diakses dengan menggunakan browser dan mengetikkan alamat web server dengan format http://web_server/phpmyadmin/ . Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Format tersebut merupakan format default untuk mengakses phpmyadmin sehingga menurut saya format tersebut akan rawan diakses oleh siapa saja, apalagi jika akses ke aplikasi phpmyadmin dibuka ke publik. Untuk itu saya menyarankan agar default alamat URL phpmyadmin di ubah atau dimodifikasi dengan langkah-langkah berikut:

Silakan masuk ke dalam server web yang diinstall phpmyadmin, disini saya menyandingkan phpmyadmin dengan web server apache, kemudian buka file konfigurasi-nya yang berlokasi di /etc/phpmyadmin/apache.conf dengan menjalankan perintah:

 sudo vim /etc/phpmyadmin/apache.conf

kemudian ubah bagian:

 Alias phpmyadmin /usr/share/phpmyadmin

menjadi

 Alias abcdef /usr/share/phpmyadmin

simpan kemudian silakan restart web server apache agar perubahan konfigurasi tersebut di load ulang dengan menjalankan perintah:

 sudo service apache2 restart

setelah itu ketika saya mencoba akses kembali alamat default phpmyadmin tersebut tertampil seperti pada gambar di bawah ini:



saya sudah tidak bisa mengakses alamat phpmyadmin menggunakan URL defaultnya. Apabila saya mengakses alamat phpmyadmin yang sudah saya ubah (abcdef), maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:



Mudah bukan, silakan mencoba dan semoga membantu.Terima kasih telah berkunjung :-)

No comments: