Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Tuesday, February 16, 2016

Tutorial Install Laravel 5.2 dengan Composer di Ubuntu


Pada tulisan kali ini saya ingin membahas tentang cara install Laravel 5.2 di Ubuntu. Apa itu laravel?
Laravel adalah sebuah framework PHP yang memudahkan programmer untuk membangun aplikasi secara kolaboratif. Framework PHP laravel menganut sistem MVC (Model-View-Controller) ini merupakan sebuah paket aplikasi PHP yang memiliki aturan, fungsi dan class-class yang sudah ada di dalamnya sehingga programmer tinggal memanfatkan fungsi dan class-class tersebut. Sehingga jika programmer ingin melakukan kolaboratif coding dengan programmer lainnya bisa lebih mudah bekerja sama karena sudah menggunakan satu visi dan cara kerja yang sama, tidak seperti saat programmer-programmer tersebut menggunakan spagheti code. Framework PHP selain laravel yang banyak digunakan antara lain Yii, CakePHP, CodeIgniter dan lain-lain. Mungkin langsung saja saya akan menulis langkah-langkah cara install laravel:

Mesin yang saya gunakan untuk menginstall laravel adalah Ubuntu Desktop versi 15.10, sebelum anda melakukan instalasi framework laravel, anda harus menginstall aplikasi composer terlebih dahulu dengan menjalankan perintah:

 sudo apt-get install composer

setelah instalasi composer selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah anda bisa menjalankan perintah:

 composer global require "laravel/installer"

perintah tersebut digunakan untuk melakukan download installer laravel terbaru di dalam Ubuntu Desktop anda. Hasil installer laravel tersebut akan berada di dalam folder .composer/vendor/laravel/ didalam home folder anda. Untuk mulai melakukan development dengan farmework laravel, maka yang harus anda lakukan adalah menjalankan perintah:

 .composer/vendor/laravel/installer/laravel new aplikasi

maka installer laravel tersebut akan segera mendownload framework laravel yang terbaru beserta dependensinya di dalam folder aplikasi/.

Setelah berhasil, silakan masuk ke dalam folder aplikasi/ dengan menjalankan perintah:
 cd aplikasi/

setelah itu, anda harus mengubah file permisi yang ada di folder storage dan bootstrap/cache agar dapat ditulisi dengan menjalankan perintah:

 sudo chmod 777 -R storage/

dan

 sudo chmod 777 -R bootstrap/cache/


kemudian silakan jalankan perintah:

 php artisan serve

maka laravel secara otomatis akan menjalankan sebuah web server bundling untuk development yang berjalan di port 8000 di localhost. Untuk melihat apakah laravel sudah terinstall dengan benar anda bisa membuka browser dan arahkan ke alamat http://localhost:8000 sehingga hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:



Mudah bukan melakukan instalasi laravel di Ubuntu, selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

3 comments:

Anonymous said...

Apane yang mudah.. ?

telo said...

Adit ki kabeh ditulis.

Zayyana Khoir said...

tks gan tulisannya sangat bermanfaat buat ane yang masih newbie