Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Monday, December 07, 2015

Cara membuat dan melihat hidden folder atau hidden file di Linux Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux

Sumber gambar: http://windows.mercenie.com/
Jika di windows anda ingin membuat hidden file atau folder tinggal melakukan klik kanan lalu checklist hidden dan selesai. Lalu bagaimana jika anda ingin membuat hidden folder atau hidden file di Ubuntu Server? Misalnya saja anda ingin membuat suatu hidden folder, maka tinggal tambahkan tanda titik-titik di depan folder tersebut, jika anda tidak menambahkan tanda titik-titik tersebut, maka folder yang anda buat akan terlihat. Berikut contohnya:


Dari gambar tersebut, saya membuat folder baru dengan nama "folder" dengan perintah mkdir, setelah berhasil, saya melihatnya dengan perintah "ls", maka folder yang barusan saya buat akan terlihat ketika saya menjalankan perintah "ls" seperti yang terlihat pada gambar di atas. Lalu pada step kedua saya akan membuat folder baru dengan nama "hidden", akan tetapi saya akan menambahkan tanda ".." sehingga perintahnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah:


Setelah itu, saya mencoba menjalankan perintah ls, maka yang terlihat hanyalah folder dengan nama "folder", lalu kemana folder hidden yang saya buat tadi? apakah karena nama hidden jadi tidak terlihat? Ha ha ha ha, bukan karena namanya "hidden", tapi karena ada tanda ".." tersebut jadi folder "hidden" tidak terlihat. Lalu bagaimana saya ingin melihat folder yang tersembunyi itu, anda bisa menjalankan perintah "ls -al"  sehingga hasilnya akan terlihat seperti berikut:


Sekarang saya akan mencoba membuat folder "folder" juga menjadi hidden, maka saya tinggal merename folder "folder" menjadi "..folder" seperti yang terlihat pada gambar di bawah:


Dari hasil perintah "ls" di ats, maka tidak terlihat folder "folder", itu karena folder "folder" telah menjadi hidden, ketika saya menjalankan perintah "ls -al" maka akan terlihat seluruh folder dan file yang ter hidden atau tersembunyi seperti pada tampilan di bawah:


Bagaimana cara mengembalikan ke semula? anda tinggal menamai ulang folder tersebut dengan menghilangkan tanda titik-titik di depannya seperti yang terlihat pada tampilan berikut:


Bagaimana? Mudah bukan? Oh iya, cara ini juga berlaku di smartphone android anda lhoo, karena android anda sebenarnya juga merupakan pengembangan dari system linux. Silakan mencoba dan terima kasih telah berkunjung.

No comments: