Persiapan membangun ceph cluster (bagian 2)


Melanjutkan persiapan untuk membangun layanan media penyimpanan ceph cluster, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan user yang anda gunakan untuk login ke dalam komputer di dalam ceph cluster.  Sebagai pengingat, saya menggunakan 4 komputer untuk membangun ceph-cluster dengan konfigurasi seperti berikut:

  • admin-00 : sebagai ceph cluster management 
  • node-00 : sebagai OSD, sebagai Monitor dan sebagai Manager Ceph Cluster 
  • node-01 : sebagai OSD 
  • node-02 : sebagai OSD
Untuk tugas peran Monitor, OSD dan manager anda bisa melihat dan membacanya di seri tulisan saya sebelumnya.

Pada postingan sebelumnya sudah dibahas bahwa user yang akan digunakan untuk login ke seluruh komputer anggota ceph cluster harus bisa remote SSH tanpa password. 

Ada 2 syarat yang harus dipenuhi pada user yang digunakan untuk membangun ceph cluster:

  1. User yang digunakan pada setiap anggota ceph cluster harus bisa menggunakan sudo.
  2. User yang bisa menggunakan sudo tidak perlu memasukkan password sama sekali, seperti ketika masuk menggunakan SSH.

 Untuk mendaftarkan user tersebut agar bisa menggunakan sudo di Ubuntu Server, anda bisa baca artikel ini:

Tutorial mendaftarkan user Ubuntu Server agar bisa menggunakan sudo

jika sebelumnya user tersebut sudah bisa menjalankan sudo, anda bisa lewati membaca artikel di atas dan  langsung saja lanjut di bagian bawah ini.

mengikuti syarat yang kedua, yaitu agar user tersebut bisa menjalankan perintah sudo tanpa harus memasukkan password setelah login ke masing-masing komputer anggota ceph cluster, maka anda bisa membaca artikel di bawah ini:

Tutorial konfigurasi sudo tanpa password di Ubuntu Server

Oke, jika sudah berhasil sudo tanpa password, masuk ke langkah selanjutnya yaitu melakukan instalasi aplikasi deployment di dalam komputer admin-00 dan seluruh komputer ceph cluster. Pada komputer admin-00 anda perlu menambahkan repository ceph versi nautilus terlebih dahulu dengan beberapa step, yang pertama adalah menjalankan perintah:

admin-00:~/sandbox-ceph$ wget -q -O- 'https://download.ceph.com/keys/release.asc' | sudo apt-key add -

perintah diatas digunakan untuk menambahkan key repository yang akan ditambahkan. Lanjut ke step berikutnya, saya menjalankan perintah:

admin-00:~/sandbox-ceph$ echo deb https://download.ceph.com/debian-nautilus/ $(lsb_release -sc) main | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/ceph.list
perintah di atas digunakan untuk membuat repository list ceph di dalam system yang saya gunakan, lalu saya buat system untuk mengupdate list repository karena saya menambahkan repo ceph dengan menjalankan perintah:
admin-00:~/sandbox-ceph$ sudo apt-get update
setelah itu saya menginstall aplikasi ceph-deploy dengan menjalankan perintah:
admin-00:~/sandbox-ceph$ sudo apt-get install ceph-deploy

setelah selesai install, anda harus menginstall aplikasi python-minimal ke dalam seluruh komputer anggota ceph cluster dari komputer admin-00. Untuk itu, di komputer admin-00 anda cukup menjalankan perintah:

admin-00:~/sandbox-ceph$ ssh node-00 sudo apt-get install python-minimal

jalankan prosesnya hingga selesai,setelah selesai, lanjut install ke komputer node-01 dari komputer admin-00 dengan kembali menjalankan perintah:

admin-00:~/sandbox-ceph$ ssh node-01 sudo apt-get install python-minimal

ikuti prosesnya sampai selesai, dan yang terakhir adalah menjalankan perintah di admin-00 untuk melakukan instalasi pada node terakhir dengan menjalankan:

admin-00:~/sandbox-ceph$ ssh node-02 sudo apt-get install python-minimal

Itu saja langkah yang harus dilakukan sebagi persiapan yang dibutuhkan pada komputer admin dan di seluruh komputer anggota ceph-cluster, jika itu sudah selesai dan berhasil dijalankan maka itu berarti kita sudah siap untuk memulai pembangunan ceph cluster. Untuk instalasinya akan saya bahas di seri berikutnya.

Berikut ini seri artikel yang mengulas step-step membangun ceph cluster di Ubuntu Server:

Persiapan membangun ceph cluster (bagian 2) Persiapan membangun ceph cluster (bagian 2) Reviewed by Himawan Mahardianto on September 26, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.