Install dan memasang SSL gratisan dari Lets Encrypt di Ubuntu Server 18.04 LTS


Kali ini saya akan mencoba melakukan instalasi sertifikat SSL gratisan dari Lets Encrypt. Web server yang saya gunakan adalah Apache. Berikut ini tampilan server saya jika diakses tanpa menggunakan SSL lewat browser:

Jika instalasi sertifikat SSL berhasil dipasang di web server, maka tampilannya akan terlihat seperti berikut ini:

Anda dapat melihat gambar gembok berwana hijau dari gambar di atas? Itu berarti web server Apache saya sudah mendukung fasilitas SSL. Untuk memasang sertifikat SSL gratisan dari Lets Encrypt anda cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Oh iya sudah saya jelaskan di atas ya, jika saya menggunakan sistem operasi Ubuntu Server 18.04 LTS. Pertama anda harus menambah menginstall beberapa aplikasi pelengkap terlebih dahulu dengan perintah:

 sudo apt-get install software-properties-common

Kemudian saya harus mengaktifkan repository dari tipe universe di Ubuntu Server dengan perintah di bawah:

 sudo add-apt-repository universe

Setelah itu tambahkan juga repositpory dari aplikasi certbot dengan menjalankan perintah:

 sudo add-apt-repository ppa:certbot/certbot

Selesai menambahkan, silakan update repository tersebut dengan perintah:

 sudo apt-get update

Selesai mengupdate langkah selanjutnya adalah menginstall aplikasi certbot dan utilitynya dengan perintah di bawah ini:

 sudo apt-get install certbot python-certbot-apache

Setelah berhasil install aplikasi certbot dan kelengkapannya, saatnya kita memulai konfigurasi untuk pemasangan sertifikat SSL-nya.

Untuk memulainya anda cukup menjalankan perintah:

 sudo certbot --apache

Dari perintah tersebut akan muncul wizard instalasi seperti berikut ini:

dari gambar di atas, saya diminta untuk memasukkan email address untuk kontak apabila ada pembaharuan atau patch dari sertfikat tersebut. Setelah itu kita diminta untuk menyetujui agreement seperti di bawah ini

kemudian pada step selanjutnya anda akan diminta persetujuan apakah alamat email address yang anda masukkan tadi boleh dibagikan ke EFF, ketik Yes untuk melanjutkan seperti di bawah ini:

Lalu kita diminta untuk memasukkan nama domain yang akan kita beri sertifikat SSL, disini saya memasukkan domain sdata.site seperti gambar di bawah ini:

selanjutnya proses instalasi berjalan sebagaimana mestinya seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:

Lalu anda akan diminta untuk memilih opsi apakah seluruh trafik akan di redirect ke https atau tidak, jika iya maka saya memilih opsi 2, redirect tersebut artinya apabila ada trafik yang menuju website sdata.site ke port 80 akan diarahkan ke https://sdata.site, Setelah itu proses instalasi berlanjut hingga selesai seperti di bawah ini:

Mudah bukan instalasi SSL Lets Encrypt di Ubuntu Server pada 18.04 pada web server Apache? Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung ya :-P
Install dan memasang SSL gratisan dari Lets Encrypt di Ubuntu Server 18.04 LTS Install dan memasang SSL gratisan dari Lets Encrypt di Ubuntu Server 18.04 LTS Reviewed by Himawan Mahardianto on May 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.