Install winbox mikrotik di Mac


Setelah sekian lama tidak menulis di blog ini, akhirnya saya mencoba lagi menyempatkan untuk mengisi website ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menginstall aplikasi winbox di Mac. Bagi yang belum tahu, aplikasi Winbox adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola router Mikrotik. Kenapa harus melakukan instalasi? kan tinggal download dan menjalankannya? Itu jika anda menggunakan winbox di sistem operasi Windows, sedangkan winbox sendiri hanya menyediakan yang versi windows dan tidak disediakan untuk sistem operasi lainnya. Lha judul tutorial ini instalasi winbox di mac, berarti disediakan donk, versi selain windows. Ups sebenarnya installer yang saya gunakan ini bukan secara resmi disediakan oleh Mikrotik. 

Langsung saja ya, berikut langkah-langkahnya:

Sebelumnya kita dapat menginstall winbox, kita memerlukan aplikasi brew terlebih dahulu yang harus di install, untuk menginstall aplikasi brew ini, saya buka terminal, lalu jalankan perintah berikut:

 /usr/bin/ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)"

setelah itu tunggu proses instalasi sampan selesai, pastikan anda terhubung dengan internet selama proses instalasi. Aplikasi brew ini adalah tools installer paket aplikasi yang tidak ada di App Store, contohnya adalah aplikasi NMAP, WGET dan lain sebagainya.

Kembali ke topik, selesai instalasi brew, saatnya menjalankan perintah instalasi winbox dengan menjalankan perintah:


 brew cask install nrlquaker-winbox

perintah di atas digunakan untuk menginstall aplikasi winbox, tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai, maka aplikasi winbox telah tersedia di folder application superti di bawah ini:


ketika di jalankan, maka akan terlihat seperti berikut:


mudah bukan, dengan begini kita bisa mengelola router Mikrotik menggunakan winbox walaupun sistem operasi yang kita gunakan adalah MacOS. Selamat mencoba ya dan terima kasih telah berkunjung. 

Comments

bang untuk winbox versi 2.18 gimana apa bisa ?
ga bisa bang, OS catalina sekarang cuman mau aplikasi 64bit, yang 32bit kayak e dah g mau di install
Bimakuru said…
sampai dengan install brew sukses,
namu saat eksekusi vbrew cask install nrlquaker-winbox , error...

-bash: brew: command not found

kenapa ya?
ga pake vbrew mas, cukup brew cask bla bla bla, atau jalankan brew update dulu