Cara menambahkan client linux host untuk network monitoring pada aplikasi cacti


Masih membahas tentang monitoring menggunakan cacti dengan memanfaatkan layanan SNMP, tutorial ini merupakan kelanjutan dari tutorial sebelumnya yang berjudul:

maka kali ini saya akan tulis panduan untuk menambahkan host linux tersebut di dalam aplikasi cacti. Sebelumnya ini adalah topologi antara server cacti dan host ubuntu sever yang akan saya monitoring:



Keduanya berada dalam network yang sama, untuk langkah pertama yaitu pastikan bahwa antara server cacti dan target sudah bisa terhubung/berkomunikasi dengan melakukan test ping.

Jika sudah dipastikan bisa saling berkomunikasi, maka langkah selanjutya anda bisa login dulu ke dalam aplikasi cacti, setelah login lihat menu di bagian kiri seperti di bawah ini:

kemudian klik menu devices untuk menambahkan host yang akan di monitoring, selanjutnya akan muncul tampilan list devices yang telah ditambahkan ke dalam aplikasi cacti seperti berikut:


untuk menambahkan devices (host) baru, maka klik menu Add yang ada di pojok kanan atas, seperti gambar di bawah ini:


setelah itu saya akan konfigurasi host (beralamat 192.168.0.249) yang akan saya monitoring di aplikasi cacti seperti yang tertampil di bawah ini:


host beralamat 192.168.0.249 tersebut saya namai Monitoring, kemudian klik tombol create, jika berhasil ditambahkan, maka akan terlihat pesan succes di bagian atas, seperti yang ditunjukkan di tampilan di bawah ini:


kemudian klik menu Create Graphs for this Host , setelah itu akan muncul windows konfigurasi graphs seperti berikut:


disini saya akan konfigurasi untuk memonitor trafik jaringan yang masuk ke dalam client tersebut, maka dari itu saya pilih seluruh LAN card yang terpasang dari host tersebut, kemudian saya klik create. Jika berhasil akan muncul pesan sukses seperti berkut:


Setelah penambahan devices berhasil dilakukan, maka step selanjutnya adalah konfigurasi grafik dari kartu jaringan yang akan dimonitor. Klik menu Graph Tree yang ada di sebelah kiri sehingga tertampil windows seperti di bawah ini:


kemudian klik menu Add yang ada di pojok kanan atas, lalu akan diarahkan ke halam list grafik yang ada seperti di bawah ini:

kemudian saya klik menu Add di bagian Tree Items untuk menambahkan device ke dalam struktur grafik, setelah itu akan diarahkan ke halaman konfigurasi seperti di bawah ini:

Saya kemudian melakukan konfigurasi seperti yang saya tunjukkan pada gambar di atas, kemudian klik create. Jika berhasil akan tampak hasilnya seperti pada gambar di bawah ini:

Disitu anda bisa melihat bahwa di menu Tree Items, muncul host yang saya tambahkan untuk dimonitoring di cacti. Langkah selanjutnya silakan klik Tab Graphs di sebelah tabs Console di bagian kiri atas, seperti gambar di bawah ini, untuk melihat hasil pembuatan grafiknya:


Berikut penampakan grafik monitoring jaringan dari host yang berhasil ditambahkan di aplikasi cacti:


Tunggu beberapa saat maka akan nampak hasil monitoring seperti tampilan gambar di bawah ini:


Ternyata untuk melakukan konfigurasi dan monitoring trafik jaringan pada host Ubuntu Server menggunakan cacti tidaklah sulit, di tuorial yang lain saya menulis juga cara memonitoring sumberdaya penyimpanan, penggunaan memory dari ubuntu server menggunakan cacti.

Comments

Unknown said…
Min mohon maaf sebelumnya, saat saya menambahkan device pada cacti kenapa SNMP informationnya error? Padahal saya sudah mencoba mengikuti tutorial sebelumnya yang telah mimin berikan. Mohon bantuannya dikarenakan untuk penyelesaian skripsi saya min. Terima kasih banyak