Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Monday, October 30, 2017

Cara install Unifi Controller di Ubuntu Server 16.04 LTS


Apabila anda menggunakan ubiquiti / ubnt sebagai perangkat wireless akses point, maka menurut saya anda wajib menginstall unifi controller. Aplikasi ini  berfungsi untuk mengkonfigurasi banyak perangkat dalam satu software. Perangkat yang saya maksud tentu saja adalah perangkat dengan merk UBNT tentu saja. Penjelasan singkatnya sebagai berikut, misalnya saya memiliki 5 akses point dengan seri AP AC-LR, normalnya di perangkat yang lain, untuk melakukan konfigurasi dan pemantauan, saya harus mengakses satu persatu perangkat tersebut. Akan tetapi dengan unifi controller tersebut, kita tidak perlu mengakses satu persatu karena cukup melalui unifi controller seluruh perangkat dapat dikonfigurasi dan di pantau (sangat membantu dan memudahkan bagi administrator yang mengelola banyak perangkat).

Berlanjut dari penjelasan di atas, maka di tulisan ini, saya akan membahas bagaimana cara melakukan instalasi unifi controller di Ubuntu Server 16.04. Sebelumnya, anda harus menginstall beberapa dependensi yang diperlukan dengan menjalankan perintah:

 sudo apt-get install jsvc mongodb

kemudian setelah selesai install, anda bisa mendownload aplikasi unifi controller melalui link berikut:

 https://www.ubnt.com/download/unifi/

setelah itu saya memilih file installer untuk Ubuntu yang akan di download, setelah berhasil di download, saya akan menjalankan perintah:

 sudo dpkg -i [file installer].deb

jika proses instalasi unifi controller berhasil, maka service di port 8080 dan 443 akan aktif, berikut hasil port scan yang saya lakukan:


dari gambar di atas, terlihat bahwa layanan unifi controller telah aktif. Untuk melakukan konfigurasi awalnya, saya akses alamat unifi controller tersebut melalui browser di URL:

 192.168.0.254:8080

berikut tampilannya:


klik tombol advance, kemudian klik tombol add exception, setelah itu akan muncul windows berikut:


setelah itu klik confirm security exception, lalu saya di redirect ke halaman setup wizard seperti di bawah ini:

pilih negara anda berada, lalu pastikan zona waktunya, kemudian klik next, anda akan di arahkan ke halaman berikut:


dari tampilan di atas, belum nampak satupun akses point yang akan di kontroll alhasil saya klik next saja dan diarahkan ke halaman berikut:


setelah itu, saya diminta untuk melakukan konfigurasi Wifi, karena belum ada akses point yang di konfigurasi, saya memilih skip kemudian saya diarahkan ke halaman berikut:

Pada halaman ini, saya diminta untuk melakukan profile user admin dan super admin berikut passwordnya, setelah itu klik next. Setelah berhasil anda akan di arahkan ke halaman berikutnya, yaitu halaman konfirmasi:


Yup, setelah melewati tampilan seperti di atas berarti anda telah berhasil melakukan instalasi Unifi Controller di Ubuntu server. Setelah klik finish, akan muncul tampilan pop up seperti berikut:


saya memilih skip. Ketika saya coba akses URL 192.168.0.254:8080 (lokasi saya menginstall unifi controller) untuk kedua kalinya, saya menemui tampilan seperti berikut:



setelah saya berhasil login, maka tampilan dashboardnya seperti berikut:


Yup tutorial instalasi Unifi Controller di Ubuntu server 16.04 LTS sudah berhasil maka di tutorial berikutnya yang berjudul "Tutorial mendaftarkan atau adopsi akses point UNIFI AP AC LR ke controller", saya akan bahas bagaimana menambahkan akses point Unifi ke dalam Controller tersebut. Terima kasih telah berkunjung dan semoga membantu.

No comments: