Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Monday, June 26, 2017

Cara melihat modul yang diaktifkan pada web server apache di Ubuntu Server

Tulisan kali ini saya hanya akan membahas hal yang sederhana saja. Bagi kalian yang menggunakan web server apache, mungkin sudah tahu bahwa web server yang powerfull ini dibekali oleh modul-modul. Modul ini berfungsi untuk menambahkan berbagai fitur pada web server apache agar menjadi lengkap dan powerfull. Modul-modul bawaan web serve Apache ada berbagai macam, dimana antara lain yaitu modul SSL, modul rewrite dan lain sebagainya.

Modul tersebut ada yang sudah secara default aktif atau di harus diaktifkan secara manual. Lalu bagaimana untuk melihat modul apa saja yang telah di aktifkan?

Pada sistem operasi ubuntu server, ada tools berbentuk aplikasi (perintah) yang bernama apache2ctl. Aplikasi apache2ctl tersebut merupakan tools yang multifungsi, karena dapat digunakan untuk mengontrol aplikasi web server apache dan lain sebagainya. Salah satu fungsi tools apache2ctl tersebut juga dapat digunakan untuk melihat modul apa yang sudah diaktifkan oleh web server apache.

Untuk menjalankannya saya cukup menggunakan perintah:

 sudo apache2ctl -M

dengan perintah tersebut maka akan tertampil modul-modul yang sudah diaktifkan di dalam web server Apache, berikut hasilnya ketika perintah di atas saya jalankan di salah satu server yang menggunakan web server apache2:


dari tampilan di atas akan terlihat berbagai module yang sudah saya aktifkan di dalam web server apache, bagaimana? mudah bukan melihat modul apa saja yang aktif di web server apache, selamat mencoba ya :-)

No comments: