Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Monday, March 20, 2017

Cara melihat versi kernel yang digunakan di Ubuntu


Tahukah kamu bahwa setiap sistem operasi linux membutuhkan kernel system? Kernel system di Linux merupakan core system operasi karena berfungsi untuk menjembatani antara perangkat keras dengan perangkat lunak (antar muka) yang kita gunakan. 

Kernel sendiri dikembangkan oleh komunitas dan merupakan proyek opensource terbesar di Linux. Pengembangannya sampai sekarang terus berjalan untuk memperbaiki lubang-lubang keamanan dan bug yang mungkin ada. Karena statusnya yang terus dikembangkan, maka setiap sistem operasi akan selalu melakukan update atau upgrade kernel ketika keluar versi terbarunya. 

Lalu bagaimana cara kita melihat versi kernel yang kita gunakan? kita bisa buka terminal kemudian menjalankan perintah di bawah melalui terminal:

 uname -r

berikut hasilnya:


dari situ kita bisa melihat bahwa sistem linux Ubuntu yang saya gunakan menggunakan kernel versi 4.4.0-66. Jika saya ingin melihat data lengkap kernal yang saya gunakan di Ubuntu, maka saya tinggal menjalankan perintah:

 uname -a

berikut hasilnya:


mudah bukan, Jika anda ingin melihat perkembangan kernel, anda bisa mengunjungi laman kernel.org, sejauh ketika saya menulis tutorial ini perkembangan kernel linux sudah mencapai versi 4.10. Silakan mencoba melihat versi kernel yang anda gunakan :-)

No comments: