Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Monday, February 27, 2017

Cara upgrade LibreOffice 5.1 ke LibreOffice 5.3 di Ubuntu Desktop

Sebagai pemakai Ubuntu, maka saya atau anda sudah tidak asing dengan aplikasi Office semacam LibreOffice. Saat tutorial ini ditulis saya menggunakan aplikasi Libre Office versi 5.1 seperti yang terlihat di gambar bawah ini:


Ternyata versi stable-nya sudah mencapai versi 5.3, untuk Ubuntu Desktop yang saya gunakan belum memberikan upgrade hingga versi tersebut, lalu bagaimana caranya upgrade ke versi terbaru tersebut? Berikut langkah-langkahnya:

Anda tingga buka terminal kemudian jalankan penambahan repository baru aplikasi LibreOffice dengan perintah:

 sudo add-apt-repository 'ppa:libreoffice/ppa'

maka akan muncul opsi seperti berikut:


saya pilih ENTER untuk melanjutkan, lalu setelah berhasil menambahkan repository LibreOffice yang baru, saya kemudian membuka update manager dan tak berapa lama kemudian muncul notifikasi upgrade seperti berikut:


saya kemudian menekan tombol install now untuk mengaplikasikan upgrade LibreOffice 5.3 ke dalam system. Jika berhasil melakukan upgrade maka silakan buka aplikasi Libre Office dan versinya akan terlihat seperti berikut ini:


Untuk kelebihan dari versi 5.3 saya belum mengeksplore sama sekali, tapi yang pasti ada perbaikan bug-bug dari versi sebelumnya (5.1). Selamat mengupgrade Libre Office anda ya :-)

No comments: