Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Sunday, December 18, 2016

Tutorial install SVN client di Windows

 

Kali ini saya akan menuliskan cara menginstall SVN client di Windows. SVN client ini berfungsi sebagai antarmuka untuk mengelola file yang tersimpan di SVN server. Apa itu SVN Server? SVN Server adalah server yang menyediakan layanan VCS atau sering disebut Version Control System. VCS yaitu system yang digunakan untuk mengelola file dengan mencatat versi versi setiap perubahan file yang dipantau oleh VCS. Jenis aplikasi SVN client yang saya gunakan adalah Tortoise SVN. Untuk mendapatkan aplikasinya saya bisa download melalui website: https://tortoisesvn.net/downloads.html


Aplikasi yang tortoise yang saya download adalah tortoise svn versi 64 bit menyesuaikan dengan Windows yang saya pakai, yaitu Windows 7 versi 64 bit. Setelah selesai download, maka saya klik dua kali aplikasi tersebut sehingga muncul jendela berikut:


Jendela selamat datang awal instalasi muncul, kemudian saya klik Next utnuk meneruskan proses konfigurasi pada saat instalasi, maka akan muncul proses selanjutnya seperti berikut:


anda akan diminta menyetujui lisensi, silakan klik next lagi maka akan muncul proses selanjutnya:


proses berikutnya anda akan diminta memilih apa saja yang akan diinstall dalam paket aplikasi tortoise SVN, atau anda bisa membiarkan opsi yang diisntall secara default dengan tidak memilih apapun, tinggal klik next sehingga proses verifikasi install muncul:


silakan klik install sehingga proses aplikasi tortoise SVN mulai diinstall seperti di tampilan berikut:


setelah selesai proses, silakan klik finish:


jika proses instalasi aplikasi Tortoise SVN berhasil, maka akan muncul tampilan seperti berikut setiap anda klik kanan pada halaman kosong menggunakan mouse:


Mudah bukan, selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

No comments: