Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Thursday, December 22, 2016

Cara install dan konfigurasi SVN Client di Ubuntu Desktop

 

Jika kemaren saya membahas bagaimana mengakses repository SVN Server dari Windows, kali ini saya akan membahas cara mengakses repository SVN server dari Ubuntu Desktop. Langsung saja, untuk dapat mengakses repo tersebut, anda memerlukan software tambahan seperti SVN client. Jika di WIndows menggunakan aplikasi Tortoise SVN maka di Ubuntu Desktop menggunakan Rapid SVN.
Untuk mendapatkan aplikasi tersebut anda harus menginstallnya lewat Ubuntu Software. Anda bisa mencarinya di bagian pojok kiri atas seperti pada gambar di bawah:


klik aplikkasi Ubuntu Software, berikut tampilan aplikasinya:


pada bagian form searching, silakan ketik svn sehingga muncul tampilan aplikasi SVN Client yang tersedia untuk Ubuntu Desktop seperti di bawah ini:


klik tombol install, maka anda akan diminta memasukkan password administrator untuk verifikasi, seperti di bawah ini:


kemudian proses install akan berjalan jika otentikasi berhasil, setelah seesai install anda bisa buka aplikasi Rabbit SVN dengan cara seperti ketika anda mencari aplikasi Ubuntu Software. Berikut tampilan aplikasi rabbitSVN yang berhasil saya install:


belum ada repository yang tersedia yang di sinkronisasi dengan  SVN server. Untuk membuatnya, saya bisa klik menu repository yang terletak di pojok kiri atas. Kemudian akan muncul menu seperti di bawah:


kemudian pilih menu checkout, setelah itu akan muncul jendela baru seperti di bawah ini:


saya mengisi URL adalah alamat SVN server beserta sub directory repository di SVN server yang saya akses, kemudian pada bagian Destination directory, saya arahkan di desktop dengan folder myproject untuk repository lokal. Setelah itu saya klik tombol OK. Jika berhasil, akan muncul jendela otentikasi seperti di bawah ini:

saya masukkan user dan password yang saya punya, kemudian proses penarikan data dari server SVN untuk dimasukkan ke dalam repository lokal berjalan sebagaimana mestinya. Berikut tampilan jika sinkronisasi berhasil dilakukan:


jika saya melihat di dalam folder myproject, maka akan terlihat file text yang saya buat dari SVN client pada sistem operasi Windows (bisa dilihat di tutorial sebelumnya). Selamat mencoba :-)

No comments: