Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Wednesday, January 06, 2016

Berbagi file (Network Drive) antar Linux Ubuntu Server dengan Layanan NFS - Konfigurasi NFS Client


Setelah pada artikel sebelumnya kita melakukan konfigurasi NFS Server, maka pada artikel sekarang saya akan menjelaskan bagaimana mengakses layanan NFS Server tersebut dari sisi klien. Klien disini adalah komputer yang menggunakan sistem operasi Linux bukan lainnya. Oh iya sebelumnya anda harus memastikan bahwa si klien sudah didaftarkan dalam akses list milik NFS server di file /etc/eksports, kalau dari artikel sebelumnya saya mendaftarkan klien adalah komputer yang beralamat di 192.168.0.252 maka pada artikel ini saya juga menggunakan komputer yang sudah saya konfigurasi dengan alamat IP 192.168.0.252. Jika anda belum bisa melakukan konfigurasi alamat IP, anda bisa membaca tutorial berikut:

Tutorial konfigurasi alamat IP di Ubuntu

Sebelum saya mengakses NFS server, saya membuat folder baru dengan nama nfs di /home/himawan/ dengan menjalankan perintah:

 mkdir /home/himawan/nfs

di komputer klien, folder itu nantinya digunakan untuk menaruh share folder dari NFS server ke klien

oh iya pastikan bahwa klien sudah memiliki aplikasi nfs-common, jika belum menginstallnya anda bisa menjalankan perintah:

 sudo apt-get install nfs-common

jika aplikasi nfs-common itu belum terinstall di komputer klien maka, komputer klien tidak akan bisa berkomunikasi dengan layanan yang diberikan NFS Server.
Pada step selanjutnya yaitu kita akan akses share folder yang telah disediakan NFS server dengan alamat IP 192.168.0.253, dengan menjalankan perintah:

 sudo mount 192.168.0.253:/home/himawan/nfs /home/himawan/nfs

perintah di atas digunakan untuk memetakan folder share /home/himawan/nfs dari NFS Server (192.168.0.253) ke dalam folder /home/himawan/nfs milik komputer klien (192.168.0.252), kemudian jalankan perintah:

 df -h

untuk melihat hasil mounting folder share NFS tersebut di klien seperti yang terlihat pada gambar di bawah:


anda melihat pada baris yang paling bawah dari gambar di atas, bahwa folder nfs dari server berhasil di petakan di komputer klien. Agar dapat ditulisi oleh klien, maka silakan ubah permisi folder nfs di klien tersebut dengan perintah:

 sudo chmod 777 -R /home/himawan/nfs

yup selesai sudah tutorial mengakses folder share dari NFS server dari komputer klien. Lalu bagaimana untuk melepaskan folder share tersebut yang dipetakan di klien. Melalui komputer klien anda bisa menjalankan perintah:

 sudo umount /home/himawan/nfs

maka folder share dari NFS server yang dipetakan di /home/himawan/nfs akan dilepaskan, silakan cek dengan perintah:

 df -h

maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah:


anda dapat melihat dari gambar di atas, bahwa folder dari NFS server yang dipetakan ke folder /home/himawan/nfs di komputer klien sudah tidak terlihat lagi.

Mudah bukan? Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

No comments: