Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Wednesday, November 25, 2015

Cara mengetahui user yang sedang login di system Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux


Di dalam system linux, kita dapat menggunakan user aktif secara paralel. Misalnya saja di dalam system tersebut ada user himawan dan user teknisi, lalu kita hanya bisa masuk ke dalam server melalui SSH. Apakah hanya kita yang sedang masuk ke dalam system tersebut, atau ada user lain yang juga sedang berada di dalam system. Bagaimana cara kita tahu siapa saja yang sedang login ke dalam server? Dengan perintah "w", belum terbayang? Berikut tutorialnya:
Misalnya saja saya sudah masuk ke system Ubuntu server, kemudian saya hanya menjalankan perintah tersebut, lalu hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah:


disitu terlihat bahwa user himawan login dari alamat IP 192.168.0.254, jam login pukul 07.09 pagi di screen 0 (pts/0), kemudian saya mencoba login dengan user yang lain. Setelah berhasil login denga user yang lain, perintah "w" tersebut saya jalankan kembali. Berikut hasilnya:


disitu terlihat bahwa ada user teknisi yang sedang aktif atau berada di dalam system, waktu login user teknisi tersebut adalah pukul 12.27 siang, dan login ke dalam system dari alamat IP yang sama dengan user himawan. Screen yang digunakan adalah screen nomer 1 (pts/1).

Menarik bukan? bermain-main dengan perintah dasar linux di Ubuntu Server, silakan mencoba dan terima kasih telah berkunjung. :-)

No comments: